Pemasangan Iklan dan Promosi Produk

POLITIK HUKUM$type=carousel

Danrem 131/Santiago Berikan Materi Wawasan Kebangsaan Kepada Pegawai Baru BPK RI Perwakilan Sulut

Wartawan : Adhit Manado, kompasindonesiandews.com - Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong SH, MIP berikan materi wawa...

Wartawan : Adhit

Manado, kompasindonesiandews.com - Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong SH, MIP berikan materi wawasan kebangsaan kepada pegawai baru BPK RI, di Gedung BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi, Jalan 17 Agustus No. 04, Bumi Beringin, Kota Manado, Sulut, Minggu (30/1/2021).

Adapun rangkaian kegiatan dibuka oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara Bapak Karyadi SE. MM. Ak. CA. CFra. CSFA., yang dihadiri kurang lebih 100 peserta.

Brigjen TNI Prince Meyer Putong sebelum membawakan materi wasbang diawali dengan salam Pancasila dan  perkenalan Biodata pribadi dan keluarga secara singkat kepada seluruh peserta, kemudian dilanjutkan pemberian materi wawasan kebangsaan,  

Selanjutnya, Brigjen TNI Meyer menjelaskan tentang makna dari wawasan kebangsaan merupakan tinjauan dan pandangan atau konsepsi cara pandang bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan nasional yang meliputi perwujudan kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan.

Bangsa yang berarti kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, sejarah, serta pemerintahannya sendiri.

Kata kebangsaan itu mengandung ciri-ciri golongan suatu bangsa atau dapat juga berarti kesadaran diri sebagai satu warga dari suatu negara. Konsep wawasan kebangsaan itu jelas sekali menunjukkan konsep sebagai cara pandang yang dilandasi kesadaran diri, sebagai warga dari suatu negara akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Maju atau mundurnya nasib bangsa ini sangat bergantung pada kompetensi yang dimiliki warga negara, yakni pengetahuan kewargaan (civic knowledge), kecakapan kewargaan (civic skill), dan watak kewargaan (civic disposition). 

Dalam rangka membangun kompetensi tersebut, lembaga pendidikan, dari sejak taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, memikul tanggung jawab moral untuk membentuk kualitas peserta didik yang berkepribadian kebangsaan maju, yaitu kepribadian dengan wawasan kebangsaan yang tinggi.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia pada saat itu hanya memiliki jiwa patriotisme, demi membela bangsa Indonesia sampai merdeka seperti saat ini.  

"Indonesia adalah negara besar, bukan hanya dari jumlah penduduknya tapi juga sumber daya alam yang melimpah,  Indonesia juga memiliki keanekaragaman budaya dan bahasa. Kendati demikian, tetap bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika," papar Danrem

Oleh sebab itu kita harus bangga dan ikut berpartisipasi serta peran aktif dalam kemajuan bangsa Indonesia," tambah Danrem.

Danrem juga menjelaskan kondisi saat ini banyak ancaman yang terjadi secara aktual seperti Narkoba, Transnasional, Penyelundupan, Terorisme, Separatisme, Radikalisme dan lain lain.

Ia berharap kepada seluruh peserta agar menanamkan jiwa nasionalisme yang kuat dan tangguh, serta timbulkan  rasa cinta kepada tanah air, jangan mudah terpengaruh dengan kelompok apapun yang mengganggu tatanan hidup berbangsa dan bernegara. 

"Saya yakin para peserta sekalian memeliki  keimanan yang kuat dan jiwa nasionalisme yang tinggi, untuk itu kami berharap agar para peserta atau sebagai generasi muda dapat  ikut andil dalam membangun karakter bangsa indonesia tentunya dilandasi dengan semangat nasionalisme dan mengedepankan jiwa persatuan serta  kesatuan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika," tutur Danrem.

Danrem menambahkan "Siapa lagi yang harus membela Negara Kesatuan Republik Indonesia, selain kita kita ini sebagai generasi penerus bangsa. Kemerdekaan Indonesia akan tetap bertahan apabila segenap bangsa indonesia ini memiliki semboyan ataupun pendirian dan tetap berpegang teguh kepada Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI sudah menjadi  harga mati," pungkas Danrem.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Letkol Kav Danny Hermawan (Kasi Ter Kasrem 131/Stg), Letkol Inf. Aris Windarto (Kasi Ops Kasrem 131 Stg), KH.Abdul Wahab. (Ketua MUI Sulut dan  Tokoh Agama Islam), Pastor Dr. Barnabas Berty Ohoiwutun, MSC (Tokoh Agama Kristen Katolik) Pendeta James Posumah, S.Th, M.Th., (Tokoh agama Kristen Protestan), Ir. Suryono, MT (Ketua PHDI Sulawesi Utara).

Selama kegiatan berlangsung, tetap mematuhi dan  menerapkan protokol kesehatan Covid 19.


/fa-fire/ YEAR POPULAR$type=one

/fa-clock-o/ WEEK TRENDING$type=list

Name

AGAMA,10,ARTIKEL,9,BERITA ARTIS,28,BERITA DAERAH,869,Berita Duka,7,Berita Media Sosial,7,BISNIS,1,EKONOMI,52,FAKTA DAN UNIK,2,FASHION,1,GAYA HIDUP,2,Giat Vaksin,18,HEALTH,2,HIBURAN,1,INFORMASI,5,Informasi Covid,6,INFORMASI CUACA,4,INTERNATIONAL,17,JAKARTA NEWS,10,KASUS,5,KASUS NARKOBA,11,KESEHATAN,5,KESEHATAN GIZI,1,KESEHATAN TUBUH,5,KESEHATAN WAJAH,3,KRIMINAL,106,KULINER,4,LALA KOMALAWATI,8,Laporan Anggaran,1,MEDIA SOSIAL,4,NASIONAL,209,Olahraga,33,OPINI,1,PARTAI POLITIK,70,PENDIDIKAN,26,PERAWATAN TUBUH,1,PERISTIWA,24,POLITIK HUKUM,141,PPKM,1,Sosial,154,SOSIAL BUDAYA,71,TEHNOLOGI,3,Tni,2,TNI-POLRI,434,TV LIVE,1,UNIK,2,VIRAL,11,WISATA,18,
ltr
item
INDONESIA NEWS: Danrem 131/Santiago Berikan Materi Wawasan Kebangsaan Kepada Pegawai Baru BPK RI Perwakilan Sulut
Danrem 131/Santiago Berikan Materi Wawasan Kebangsaan Kepada Pegawai Baru BPK RI Perwakilan Sulut
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhz985UeVXz86U7pv14XWt-nxyuaUoFbgt-r5GrLj1wi7NllcOvkRjfpd76x_8fAhDhQW9uVmfCY1IsHozGdWeSVQki7M1AVPkmxnS-XbzUXEl8ZQ8qKuODrm5DptoePo4KOrWmDmBZOT7mjbKS24k0etTHK2IwqKyyg_5GXHEzqqU8W3zo5gAiMvz1=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhz985UeVXz86U7pv14XWt-nxyuaUoFbgt-r5GrLj1wi7NllcOvkRjfpd76x_8fAhDhQW9uVmfCY1IsHozGdWeSVQki7M1AVPkmxnS-XbzUXEl8ZQ8qKuODrm5DptoePo4KOrWmDmBZOT7mjbKS24k0etTHK2IwqKyyg_5GXHEzqqU8W3zo5gAiMvz1=s72-c
INDONESIA NEWS
https://www.indonesianewsday.com/2022/01/danrem-131santiago-berikan-materi.html
https://www.indonesianewsday.com/
https://www.indonesianewsday.com/
https://www.indonesianewsday.com/2022/01/danrem-131santiago-berikan-materi.html
true
7722724876337709072
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy