Pemasangan Iklan dan Promosi Produk

POLITIK HUKUM$type=carousel

Pengamat: Sekolah Swasta Wajib Menjadi Perhatian Pemkot Pontianak

Pontianak Kalbar, indonesianewsday.com - Dari kacamata pengamat kebijakan publik Dr. Herman Hofi Munawar saat ini kondisi sekolah swasta 5 ...

Pontianak Kalbar, indonesianewsday.com - Dari kacamata pengamat kebijakan publik Dr. Herman Hofi Munawar saat ini kondisi sekolah swasta 5 tahun terakhir ini semakin memprihatinkan dan  terancam banyak sekolah swasta akan gulung tikar.

Menurut Herman Hofi kepada awak media, Minggu 16 Juni 2024 Wib, penurunan peserta didik di beberapa sekolah swasta sangat signifikan dan perlu perhatian khusus pemerintah daerah khusus nya Pemkot Pontianak Provinsi Kalbar.

Terang Hofi, jika sekolah swasta tutup, maka tidak sedikit guru dan staf Administrasi tenaga sekuriti  akan terancam kehilangan pekerjaan alias menganggur.

Oleh karena itu, permasalahan ini harusnya dipikirkan oleh pemkot Pontianak, karena cukup banyak guru honor yang akan menganggur.

Dan yang lebih memprihatinkan lagi guru yang sudah sertifikasi juga akan terancam tidak dapat sertifikasi lagi. 

Oleh sebab itu, Pemkot Pontianak tidak boleh masa bodoh dengan situasi ini.

Seharusnya ada win win solution sehingga sekolah swasta tetap hidup dan masyarakat bisa menikmati pendidikan dengan biaya yang ringan dengan fasilitas yang memadai. 

Terkait dengan hal tersebut Pemkot  Pontianak dapat melakukan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkot Pontianak dengan sekolah swasta.

"Padahal kita ketahui sejumlah sekolah swasta di Kota Pontianak ini kualitas pendidikannya tidak kalah dengan sekolah negeri yang ada di sejumlah wilayah di kota Pontianak," pungkasnya.

Bahkan prestasi berskala nasional sebagian besar di dominasi sekolah swasta bukan sekolah negeri, jadi dalam hal adu kualitas Sekolah Swasta dengan Sekolah Negeri, Sekolah Swasta tidak kalah bagusnya dan banyak memberikan kontribusi anak anak didik nya yang berkualitas dan mampu membawa nama dunia pendidikan skala nasional.

Animo masyarakat untuk masuk pada Sekolah Negeri  bukan karena kualitas, tapi karena persoalan standar biaya sekolah negeri jauh lebih rendah dan terjangkau.

Biaya Sekolah swasta memang lebih tinggi dari negeri bahkan  negeri zero cost, hal ini  dikarenakan ada tunjangan dari pemerintah baik pusat maupun daerah. 

Sementara Sekolah swasta  sumber utamanya adalah dari siswa.  

Oleh karena  itu Pemkot Pontianak harus ada agenda  yang jelas dan terukur agar  sekolah swasta mejadi elternatif untuk melaksanakan kewajiban pemerintah  terhadap belajar 12 tahun baik jangka panjang maupun jangka pendek.

Dalam  waktu dekat ini Pemkot akan menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian pemkot.

Pemkot Pontianak harus menegakkan aturan, sanksi atau hukuman yang tegas bagi sekolah yang kedapatan menerima siswa melebihi jumlah rombongan belajar (rombel). 

Penambahan rombel ini harus memperhatikan kesanggupan sekolah  dalam melaksanakan proses pendidikan.

Rasio perbandingan siswa dengan jumlah guru harus menjadi perhatian. Jika  jumlah guru tidak memadai jika dibandingkan dengan jumlah siswa maka proses pendidikan tidak akan berjalan dengan normal.

Kalau ditemukan jumlah siswa dalam kelas yang lebih dari ketentuan maka harus ada sanksi tegas bagi sekolah terkait. Penegakkan hukum atau sanksi tegas. Ketentuan rombel harus dilaksanakan sesuai aturan.

Dinas Pendidikan harus memastikan tidak ada sekolah yang melebihi rombel yang sudah ditentukan. 

Jangan sampai praktik seperti menggunakan laboratorium, perpustakaan dan ruang tambahan lainnya untuk menambah kelas baru.

Hal ini tidak boleh dilakukan sekolah, sebab akan merusak  sistem pendidikan di sekolah.

Oleh sebab itu, koutanya harus dipastikan sejak awal dan masing2 sekolah. Negeri sudah mengetahui koutanya.

Apabila PPDB sudah selesai maka sebaiknya tidak dibuka kembali karena alasan belum memenuhi kuota hal ini menunjukkan lemah dalam perencanaan PPDB.

Membuat gelombang kedua dalam  PPDB  dan melebihi kouta telah melanggar  Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018. 

Selain itu, pihak Sekolah Swasta pun harus juga mengevaluasi diri agar kwalitas pendidikan nya bagus. Sekolah swasta harus bisa menanamkan trush pada masyarakat.  

Sekolah yang tidak mau "berlari" mengejar perubahan maka akan tertinggal jauh dengan sekolah-sekolah yang ikut berlari  menuju perubahan yang lebih baik.

Harus  bisa “memasarkan” sekolahnya. Sekolah swasta  harus bisa membagun brending. Jangan  hanya duduk diam saja harus kreatif  dan inovatif tegas Hofi. (Hasnan Sutanto)


/fa-fire/ YEAR POPULAR$type=one

/fa-clock-o/ WEEK TRENDING$type=list

Name

AGAMA,10,ARTIKEL,9,BERITA ARTIS,28,BERITA DAERAH,856,Berita Duka,7,Berita Media Sosial,7,BISNIS,1,EKONOMI,51,FAKTA DAN UNIK,2,FASHION,1,GAYA HIDUP,2,Giat Vaksin,18,HEALTH,2,HIBURAN,1,INFORMASI,5,Informasi Covid,6,INFORMASI CUACA,4,INTERNATIONAL,17,JAKARTA NEWS,9,KASUS,5,KASUS NARKOBA,7,KESEHATAN,5,KESEHATAN GIZI,1,KESEHATAN TUBUH,5,KESEHATAN WAJAH,3,KRIMINAL,106,KULINER,4,LALA KOMALAWATI,8,Laporan Anggaran,1,MEDIA SOSIAL,4,NASIONAL,201,Olahraga,33,OPINI,1,PARTAI POLITIK,68,PENDIDIKAN,26,PERAWATAN TUBUH,1,PERISTIWA,24,POLITIK HUKUM,138,PPKM,1,Sosial,154,SOSIAL BUDAYA,71,TEHNOLOGI,3,Tni,2,TNI-POLRI,432,TV LIVE,1,UNIK,2,VIRAL,11,WISATA,18,
ltr
item
INDONESIA NEWSDAY: Pengamat: Sekolah Swasta Wajib Menjadi Perhatian Pemkot Pontianak
Pengamat: Sekolah Swasta Wajib Menjadi Perhatian Pemkot Pontianak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi2_DoAIpk4Rfg9ktnXBdDELIu-s3XYfpxEvDfOZiE7aXQHMc_ZtLkrykxXystiYDvexmCDZJQnHl_xTczOuqhaL1SMRcbsQE7hbS8qKN6kuglHqwgHT3h0Z7ArcV3al1LBZR0DvNSDMoMIt_YpVgFiOxbyNwYufqNhCu6w4JaHVK4RlPsNBEqXoIYy0Vk/s320/IMG-20240616-WA0082.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi2_DoAIpk4Rfg9ktnXBdDELIu-s3XYfpxEvDfOZiE7aXQHMc_ZtLkrykxXystiYDvexmCDZJQnHl_xTczOuqhaL1SMRcbsQE7hbS8qKN6kuglHqwgHT3h0Z7ArcV3al1LBZR0DvNSDMoMIt_YpVgFiOxbyNwYufqNhCu6w4JaHVK4RlPsNBEqXoIYy0Vk/s72-c/IMG-20240616-WA0082.jpg
INDONESIA NEWSDAY
https://www.indonesianewsday.com/2024/06/pengamat-sekolah-swasta-wajib-menjadi.html
https://www.indonesianewsday.com/
https://www.indonesianewsday.com/
https://www.indonesianewsday.com/2024/06/pengamat-sekolah-swasta-wajib-menjadi.html
true
7722724876337709072
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy