Pemasangan Iklan dan Promosi Produk

POLITIK HUKUM$type=carousel

Desa Pelawi Realisasikan BLT untuk Mengatasi Masyarakat Kurang Mampu

Buay Rawan, indonesianewsday.com - Desa Pelawi, Kecamatan Buay Rawan, sebuah desa yang terletak di Kabupaten OKU Selatan, Sumatera Selatan,...

Buay Rawan, indonesianewsday.com - Desa Pelawi, Kecamatan Buay Rawan, sebuah desa yang terletak di Kabupaten OKU Selatan, Sumatera Selatan, berhasil merealisasikan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap satu dan dua pada tahun 2024. 

Program tersebut diselenggarakan mulai bulan Januari hingga bulan Juni, yang mana tujuannya adalah membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 agar bisa terus bertahan dan memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Penyaluran BLT ini dilakukan secara langsung oleh Kepala Desa setempat di Balai Desa Pelawi.

Bantuan yang diberikan kepada masyarakat tersebut berupa uang tunai senilai Rp. 300.000,- per bulan kepada KPM. Pada hari Sabtu 4 mei 2024.

Dalam upaya untuk memperoleh data penerima bantuan yang tepat sasaran, Pemerintah Desa setempat telah melakukan beberapa tahapan sebelum proses penyaluran dilaksanakan. 

Tahapan tersebut antara lain, verifikasi data, validasi oleh Kepala Desa beserta perangkatnya, dan sosialisasi ke masyarakat sehingga KPM yang membutuhkan dapat terbantu.

Secara keseluruhan, terdapat sekitar 53 orang KPM yang menerima bantuan ini, dan proses penyaluran dilakukan secara terbuka dan tepat sasaran. 

Kepala Desa Pelawi, Supriadi mengatakan bahwa sebelum adanya penyaluran bantuan secara langsung, Pemerintah Desa juga telah melibatkan beberapa pihak, seperti Ketua BPD Muzzakar Joko Samudro, Kasi PMD Muharja Ramzi, Pendamping Desa Eva Arista, Pendamping Teknis Yohanes, Pemuka masyarakat Saleh,Jupri, dan Keluarga Penerima Manfaat untuk melaksanakan tahapan verifikasi data dan validasi data.

Selain itu, proses pemberian bantuan dilakukan oleh Kepala Desa secara langsung untuk memastikan bahwa, dana yang diberikan benar-benar diterima oleh orang yang berhak menerima bantuan. 

Pasalnya, hal tersebut bertujuan agar proses pengawasan dan pengendalian terhadap anggaran BLT bisa lebih efektif dan efisien.

Supriadi Kepala Desa Pelawi mengatakan bahwa, bantuan ini dibagikan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan agar dapat terbantu. 

Menurutnya, sebelum pelaksanaan penyaluran bantuan secara langsung, Pemerintahan Desa setempat melakukan beberapa tahapan untuk menentukan penerima BLT.

Setelah dilakukan penyaluran BLT di Desa Pelawi, masyarakat setempat merasa senang dengan adanya bantuan tersebut. 

Salah satu KPM, Romlah mengatakan bahwa ia sangat bersyukur dan akan memanfaatkan bantuan tersebut sebaik mungkin.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa yang telah menyalurkan bantuan tersebut sehingga masyarakat yang membutuhkan dapat terbantu.

Acara penyaluran BLT tersebut juga dihadiri oleh, Pendamping Desa Buay Rawan Eva Arista yang memberikan arahan pada masyarakat untuk menggunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya. 

"Hal tersebut bertujuan, agar tidak ada kesalahan dalam menggunakan uang bantuan tersebut dalam keperluan sehari-hari," paparnya. 

Masyarakat sangat berharap bahwa program seperti ini dapat terus dilakukan oleh, Pemerintah Desa di masa depan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, dan mengurangi beban ekonomi di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. 

Semoga program bantuan semacam ini, dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk melaksanakannya dengan cara yang efektif dan efisien.

Reporter: (Rani)


/fa-fire/ YEAR POPULAR$type=one

/fa-clock-o/ WEEK TRENDING$type=list

Name

AGAMA,10,ARTIKEL,9,BERITA ARTIS,28,BERITA DAERAH,856,Berita Duka,7,Berita Media Sosial,7,BISNIS,1,EKONOMI,51,FAKTA DAN UNIK,2,FASHION,1,GAYA HIDUP,2,Giat Vaksin,18,HEALTH,2,HIBURAN,1,INFORMASI,5,Informasi Covid,6,INFORMASI CUACA,4,INTERNATIONAL,17,JAKARTA NEWS,9,KASUS,5,KASUS NARKOBA,7,KESEHATAN,5,KESEHATAN GIZI,1,KESEHATAN TUBUH,5,KESEHATAN WAJAH,3,KRIMINAL,106,KULINER,4,LALA KOMALAWATI,8,Laporan Anggaran,1,MEDIA SOSIAL,4,NASIONAL,201,Olahraga,33,OPINI,1,PARTAI POLITIK,68,PENDIDIKAN,26,PERAWATAN TUBUH,1,PERISTIWA,24,POLITIK HUKUM,138,PPKM,1,Sosial,154,SOSIAL BUDAYA,71,TEHNOLOGI,3,Tni,2,TNI-POLRI,432,TV LIVE,1,UNIK,2,VIRAL,11,WISATA,18,
ltr
item
INDONESIA NEWSDAY: Desa Pelawi Realisasikan BLT untuk Mengatasi Masyarakat Kurang Mampu
Desa Pelawi Realisasikan BLT untuk Mengatasi Masyarakat Kurang Mampu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitff9hCFaa2KIniHydjBaIuE99ioHyi_m7Rqa5f5GN5S9sXfJAf283TEz0gzXDZhQC3deXHiScnmSQzjQugYUJ2qfRVjQhhS7jqCv12mi7D30gcxP7RM-5Y_xQUPCV8PnzndzhxCksiqk7pLaeeH-5NWxj5hO6ZehOZdV5HMT2Mzqyq7PybTPrbYo90Rc/s320/IMG-20240507-WA0087.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitff9hCFaa2KIniHydjBaIuE99ioHyi_m7Rqa5f5GN5S9sXfJAf283TEz0gzXDZhQC3deXHiScnmSQzjQugYUJ2qfRVjQhhS7jqCv12mi7D30gcxP7RM-5Y_xQUPCV8PnzndzhxCksiqk7pLaeeH-5NWxj5hO6ZehOZdV5HMT2Mzqyq7PybTPrbYo90Rc/s72-c/IMG-20240507-WA0087.jpg
INDONESIA NEWSDAY
https://www.indonesianewsday.com/2024/05/desa-pelawi-realisasikan-blt-untuk.html
https://www.indonesianewsday.com/
https://www.indonesianewsday.com/
https://www.indonesianewsday.com/2024/05/desa-pelawi-realisasikan-blt-untuk.html
true
7722724876337709072
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy