Pemasangan Iklan dan Promosi Produk

POLITIK HUKUM$type=carousel

Pakar Apresiasi Heru Berhasil Atasi Polusi Jakarta: Teruskan Program Jangka Panjang

Jakarta, kompasindonesianews.com - Keputusan Gubernur 576 tahun 2023 Tentang Strategi Pengendalian Pencemaran Udara yang diteken Penjabat (...

Jakarta, kompasindonesianews.com - Keputusan Gubernur 576 tahun 2023 Tentang Strategi Pengendalian Pencemaran Udara yang diteken Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono diapresiasi sejumlah pakar.

Salah satunya, Dewan Pakar Koalisi Kawali Indonesia Lestari (Kawali), Dodo Sambodo. Menurutnya, sejumlah upaya yang dilakukan secara sinergi dengan melibatkan seluruh stakeholder sangat efektif untuk penanganan jangka pendek. Langkah tersebut, kata Dodo, patut diacungi jempol.

"Kerja satgas saya akui efektif dan layak diacungi jempol, kita apresiasi. Bahwa jangka pendek harus selesai, selesaikan cepat karena lingkungan tidak boleh kolaps. Tapi software dan hardware nya juga harus diperbaiki, ke depan masalah polusi udara ini akan terjadi lagi kalau hanya mengandalkan penanganan jangka pendek," ujar Dodo Sambodo, Jumat (15/9)

Dodo pun mengapresiasi tindakan tegas pemerintah yang menutup industri industri sumber pencemaran. Namun demikian, Dodo berpesan agar pemerintah tidak merasa cukup dengan melakukan penindakan tegas tersebut. 

"Industri berbasis PLTU yang masih ada di dalam kota, harus dikeluarkan. Kemudian kalau berani semua gedung dan bangunan di Jakarta beralih dari PLTU ke PLTS. Atapnya dipasang PLTS, nah itu akan efektif. Kita harus mendukung penggunaan blue energy," ungkapnya.

Dodo menjelaskan, yang dimaksud Software dan hardware itu yakni sistem atau regulasi dan implementasi kebijakan. Dia mengatakan, penanganan jangka panjang seperti penanaman pohon, perluasan lahan hijau dan penggunaan transportasi publik harus lebih ditingkatkan lagi.

"Program penanaman pohon Pak Gubernur sudah bagus harus dilanjutkan, target 10 juta pohon. Misalnya bantaran kali Ciliwung yang panjangnya 40 km, kiri kanan jadi 80 km, kalau ditanami pohon itu bisa jadi kawasan hijau, itu akan menyerap karbon. Belum lagi di Cisadane," katanya. 

Selain itu, Dodo juga mengingatkan Heru untuk membuat kebijakan pro lingkungan, misalnya mendorong penggunaan transportasi publik dan memperketat penggunaan kendaraan pribadi melalui kenaikan pajak kendaraan.

"Kendaraan di Jakarta kan sudah 24 juta, itu harus dikurangi sampai 15 juta saja lalu dorong penggunaan transportasi masal dan pajak dinaikin untuk mengurangi volume kendaraan pribadi. Nah kalau volume pohon naik dari 4 juta jadi 10 juta, kendaraan turun dari 24 juta jadi 15 juta, karbon pasti berkurang," jelasnya.

Mantan Asisten Deputi Bidang Pengaduan dan Penataan Sanksi pada Kementerian Lingkungan Hidup ini juga menyampaikan, perpindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan menjadi momentum perluasan lahan terbuka hijau.

"Kantor kantor yang tidak digunakan diubah jadi lahan terbuka hijau, jadi taman. Nah ini di Jakarta masih sangat kurang lahan terbuka hijau. Nanti kan kantor kantor pindah ke IKN, itu yang ditinggalkan jangan diubah jadi mall atau apa, tapi ubah jadi taman," sebutnya.

Karena persoalan polusi udara terbilang berat, Dodo berharap agar Heru tidak mengambil kebijakan yang sifatnya shutdown terkait persoalan air dan udara. 

Ia juga meminta Heru terus fokus pada pengendalian banjir, mengingat akan segera memasuki musim penghujan.

"Kalau tidak diperhatikan secara serius dan konsisten, Jakarta akan begini lagi dan lebih parah lagi nanti," pungkasnya. (Meryn)


/fa-fire/ YEAR POPULAR$type=one

/fa-clock-o/ WEEK TRENDING$type=list

Name

AGAMA,10,ARTIKEL,9,BERITA ARTIS,28,BERITA DAERAH,856,Berita Duka,7,Berita Media Sosial,7,BISNIS,1,EKONOMI,51,FAKTA DAN UNIK,2,FASHION,1,GAYA HIDUP,2,Giat Vaksin,18,HEALTH,2,HIBURAN,1,INFORMASI,5,Informasi Covid,6,INFORMASI CUACA,4,INTERNATIONAL,17,JAKARTA NEWS,9,KASUS,5,KASUS NARKOBA,7,KESEHATAN,5,KESEHATAN GIZI,1,KESEHATAN TUBUH,5,KESEHATAN WAJAH,3,KRIMINAL,106,KULINER,4,LALA KOMALAWATI,8,Laporan Anggaran,1,MEDIA SOSIAL,4,NASIONAL,201,Olahraga,33,OPINI,1,PARTAI POLITIK,68,PENDIDIKAN,26,PERAWATAN TUBUH,1,PERISTIWA,24,POLITIK HUKUM,138,PPKM,1,Sosial,154,SOSIAL BUDAYA,71,TEHNOLOGI,3,Tni,2,TNI-POLRI,432,TV LIVE,1,UNIK,2,VIRAL,11,WISATA,18,
ltr
item
INDONESIA NEWSDAY: Pakar Apresiasi Heru Berhasil Atasi Polusi Jakarta: Teruskan Program Jangka Panjang
Pakar Apresiasi Heru Berhasil Atasi Polusi Jakarta: Teruskan Program Jangka Panjang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihubVb5Db2iYg-mVWDKlvGsbjTLw5fCyHOsRpbKlDdlylhdIAl5trQveMhPYSUus_Lr8N2zu6mDwAokDyr0y8IWjDVkJVOCXuRrU2Kjk4dvyIw9_UwNa7619sX15pGtRIvjRrtM836cf1mRhIDkLg26B74VJYyeMG_lvn8o-_UEsz9ANTa_APuyD8rzWU/s320/IMG-20230915-WA0204.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihubVb5Db2iYg-mVWDKlvGsbjTLw5fCyHOsRpbKlDdlylhdIAl5trQveMhPYSUus_Lr8N2zu6mDwAokDyr0y8IWjDVkJVOCXuRrU2Kjk4dvyIw9_UwNa7619sX15pGtRIvjRrtM836cf1mRhIDkLg26B74VJYyeMG_lvn8o-_UEsz9ANTa_APuyD8rzWU/s72-c/IMG-20230915-WA0204.jpg
INDONESIA NEWSDAY
https://www.indonesianewsday.com/2023/09/pakar-apresiasi-heru-berhasil-atasi.html
https://www.indonesianewsday.com/
https://www.indonesianewsday.com/
https://www.indonesianewsday.com/2023/09/pakar-apresiasi-heru-berhasil-atasi.html
true
7722724876337709072
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy